Selasa, 03 Februari 2009

RSU Tangerang part 1

Yuuuuuuhhhhhhhhuuuuuuuuuuuuu……….

Liburan semester ini luar biasa seru
Bukan karena saya pergi ke ancol, taman safari atau tempat wisata lainnya Tapi selama libur sebulan ini akan saya habiskan di RSU Tangerang
Bukan sebagai pasien tentunya, tapi lagi PKL Farmasi klinis.
Ngapain aja c? mulai dari mengkaji medical record, menggali informasi tentang pola hidup dan bagaimana pasien menggunakan obat, ikut visit dokter dan banyak lagi deh…..

Minggu pertama dari tanggal 27-31 saya praktek di Paviliun Kenanga, rawat inap khusus penyakit dalam, kamar nomor genap khusus untuk pasien paru dan kamar ganjil utuk penyakit dalam lainnya.
Masing-masing orang menangani pasien yang berbeda dan di Kenanga saya dapet 5 pasien, 3 paru dan 1 penyakit dalam dan 1 syaraf.
Sebenernya mbokjamu pengen banget majang foto2 pasien yang paru biar temen2 semua sadar akibat ngerokok bisa separah mereka, gimana menderitanya mereka dengan sesak nafas sepanjang malam bahkan ada yang harus di kateter paru-parunya (dipasang selang dari paru-parunya) untuk ngeluarin cairan paru-paru yang kotor tapi coz melanggar kode etik, so... ga jadi deh.

Ternyata banyak banget ya pasien paru yang masuk karena TB (dulu TBC), ketiga pasien paru saya masuk karena diagnosa TB positif semua, Tn. Am baru kali ini menjalani pengobatan TB, Ny. D lima tahun lalu pernah pengobatan TB 6 bulan, 3 tahun kemudian relaps dan berobat lagi 6 bln dan sekarang kambuh lagi, kemungkinan besar kuman TBnya udah resisten.
Dan yang terakhir Tn. K pasien sy yg paling muda (19 thn) dan ganteng ( sumpe deh kalo dia ga lg sakit dia jauh lebih ganteng dari pandi, hehehe... kayak pandi ganteng aza) TBnya udah komplikasi ditambah gizi buruk, belakangan saya baru tahu kl dia jg ODHA. Sayang sekali ya.......

Semalam, sebelum pulang saya mampir dulu ke bed mereka semua, melihat perkembangan mereka, mematau kalau-kalau ada efek samping obat yang mereka keluhkan, ceritanya sih pamitan. Tapi ga sempet pamitan sama Tn. K coz dia udah dibawa pulang (pulang paksa) oleh keluarganya malam sebelumnya. Ada rasa aneh tiba-tiba meyelimuti, ga tega meninggalkan mereka, rasanya dalam seminggu kita sudah dekat sekali seperti keluarga, walah....lebay ya.... tapi ini nyata.

Apalagi ngeliat Tn A, yang kecelakaan saat mau kemakam istrinya yang baru meninggal seminggu sebelumnya saat melahirkan, waktu pertama kali saya datang dia masih koma, senang sekali kemarin dia sudah sadar walaupun masih amnesia, Allah tahu yang terbaik untuk umatnya mungkin dengan amnesia itu dia bisa melupakan kesedihannya dan lebih cepat sembuh.
Dan pasien saya yang paling spesial Tn. Y, pasien paling galak sampe semua perawat dan perawat senior takut. Ternyata tidak seperti yang saya takutkan, dia galak karena sudah 2 malam ga bisa tidur, setelah di analisa ternyata bapak ini tidak mau meminum obat tidurnya hanya karena kemasan obat tidurnya berwarna hijau. Benar-benar spesial kan.....

Mulai besok senen mbokjamu mangkal di bagian bedah, sepertinya lebih banyak pelajaran hidup disana, jangan lupa STOP MEROKOK ! otre......

4 komentar:

  1. salam..... :D

    udah lama gak "parkir" di blog nona.. ehem... masih seperti dulu... nice blog..

    hemm... sempat punya blog, lalu ilang, akhirnya bikin lagi... apa kabar Non? :)

    wew... story-nya cerber yaa... oke, ntar ditungguin dah next part-nya (dulu http://zfly.blogdetik.com )

    BalasHapus
  2. @ zfly : bang zul pindah rumah ni ceritanya? pantesan kemaren mampir nyasar... hehehe.....

    yoyoi...
    part 2nya lebih seru
    nantikan edisi mbokjamu di bedah ya!

    BalasHapus
  3. oi...cukup sru jg, tp pkl kmaren bikin w jd lbih dwasa lg, lbih bisa trbuka ma org, lbih PD hadapi tantangan dan yg pasti ttp bosen jg.

    eh blogna lbih d rapiin lg, lbih trkonsp dgn baik, bikin tulisan yg baru qt liat ja dah menarik plg d baca...

    jd intina truzz smngat dgn pa yg qt mo capai..jgn stengh2, & jgn cpet puas ma pa yg qt capai slama ini.

    ingt yg bagus, hebat, keren, & rajin bnyak..tp qt haruz beda, & ttp gila..dlm arti bikin yg org lain tak trpikirkan...be different girl..oce Sob!!!

    BalasHapus
  4. @Nmen: thx ya man udah mampir....
    iya masih perlu dibenerin disana-sini...
    ehmn... terlihat kurang terkonsep ya? padahal masih sesuai konsep awal, merangkum setiap perjalanan sy dari anak farmasi biasa aja sampe jadi pengusaha jamu internasional,
    kurang branding & differentiation gimana lagi tuh .... hehehe
    tapi makasih banyak ya bro atas masukannya, memacu jadi serius ngeblog ^^
    BTW,jadi lebih terbuka krn diomelin caca ya? apa karena .....

    BalasHapus