Jumat, 15 Agustus 2008

Perlindungan ganda

Akhir-akhir ini ga tau kenapa serangan asma saya semakin sering dan gak bisa reda walaupun udah make obat semprot/inhaler dan minum promè. Jadi biasanya kalu udah ga terkontrol asmanya saya langsung ke UGD klinik kampus buat di nebulizer bahasa keren dari diuapin pake obat asma. Kemaren waktu saya ke klinik buat berobat ga bisa langsung di nebul coz lagi dipake alatnya trus bed UGDnya juga penuh, ada yang kecelakaan, daripada tambah heboh asmanya coz ngeliat dokter ngejahit-jahit, jadi saya nunggu didepan UGD aja sampe dipanggil.

Sambil nunggu saya ngobrol sama mbak-mbak yang baru saya kenal, ternyata dia mahasiswi UIN juga, yang namanya ga perlu disebutkanlah.

Dia sedang nunggu temannya yang lagi berobat juga. Mungkin karena bingung ngeliat saya sedang berjuang untuk bernafas, dia lalu nanya saya sakit apa. Saya jawab asma. Kemudian suasana hening..... dan tiba-tiba dia bergeser satu bangku dari sebelah saya sambil berkata ”asma kan nular ya?”. Hehehe... aduh mbak 2008 masih takut ketularan asma.

Asma itu salah satu penyakit pernafasan karena kelainan genetik. Sistem imun orang asma lebih sensitif, saat kena debu (alergen) sedikit saja tubuh langsung memproduksi lendir yang berfungsi menangkap alergen secara berlebihan. Lendir ini yang kemudian menyumbat saluran nafas dan keadaan ini diperparah jika kondisi tubuh sedang tidak fit, stress, cuaca dingin (trigered) bronkus/ batang paru-paru juga akan menyempit. Karena bronkus menyempit dan produksi lendir meningkat makanya saluran udara tersumbat dan orang asma susah bernafas serta mengeluarkan bunyi ”mengi”. Penderita asma harus menghindari alergen dan trigered. Asma ga menular tapi bisa diturunkan.

Sambil berjuang ambil nafas saya sedikit menjelaskan. Dengan wajah tidak percaya dia berkata ”masak sih, saya punya tetangga nenek-nenek asma, dia suka nyiumin anak kecil dan sekarang anak kecilnya asma juga!”.

saya terdiam, suasana kembali hening.....

kayaknya ada yang aneh nie...

Kalo asma bisa menular qo sampe sekarang Nana ma Adah, temen sekosan saya ga asma juga. Padahal kita sering tidur bareng, makan bareng, gelas barengan, hehe...

”mbak nenek-nenek itu ada hubungan darah sama anak kecil itu ga?”

”ada, itu neneknya si anak kecil”

”O.......”

ya iya lah secara asma itu bisa diturunkan, jadi anak kecil itu bukan ketularan asma tapi ”diwarisi” asma sama neneknya.

Saya ga sempet ngejelasin ke mbak itu coz dah dipanggil masuk buat di nebul

Tapi mudah-mudahan mbak itu baca tulisan saya ini ya

Ya.. penderita asma manusia biasa juga qo

Cuma kita dipercaya buat dapet bonus sepaket perlindungan ganda yang namanya asma.
Perlindungan ga boleh kena debu, cuaca dingin, stress, kecapean atau ”alarm” ngik...ngik.. akan berbunyi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar