Jumat, 15 Agustus 2008

From E to A

Wuaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhh……………….

Seneng banget………..

Setelah perjuangan panjang ngulang pelajaran kimia analis akhirnya nilai aku berubah dari yang tadinya E jadi A

Kok bisa ?

Yup.. sedikit cerita, dulu waktu semester 2 ada mata kuliah kimia analis. Mata kuliah ini susah banget n materinya banyak banget. Team teachingnya 2 dosen, namanya Bu Sri yang ngajar kimia analis kualitatif dan Bu Hendra ngajar kimia analis kuantitatif . Kiman kuantitatif itu belajar cara ngitung kadar suatu zat, pake titrasi, gravimetri, dkk kalo kiman kualitatif itu belajar cara deteksi keberadaan suatu zat dalam bentuk kation dan anionnya.

Paling susah itu kiman kualitatif, udah materinya banyak 2 buku harus dihafal persis lagi. Waktu itu aku bikin ringkasan di kertas hvs biar gampang belajarnya ga perlu bawa 2 buku kemana-mana. Sebelum ujian aku masukin ringkasan itu kedalam tempat pensil tanpa bermaksud apa-apa. Waktu ujian aku lupa ada kertas di dalem tempat pensil, aku bawa tempat pensilnya keruang ujian. Yang ngawas Bu Sri langsung, gila ga bisa gerak sama sekali, keliling mulu kerjaannya.

Baru 15 menit ujian berlangsung jawabanku ada yang salah, mau di tipe-ex. Pas waktu Bu Sri lagi di sebelah aku, aku buka tempat pensilnya, ambil tipe-exnya. Dan dengan tenang ibu sri membuka tempat pensilku dan menemukan kertas di dalamnya. Kertas ringkasan materi ujian. Kemudian masih dengan gerakan yang lambat mempesona dia mengambil lembar jawabanku dan kembali duduk di kursi dosen dengan manisnya.

Aku cengo, terdiam, melongo kayak orang bego…. Syok ga tau harus gimana. Akhirnya aku keluar ruangan, nangis..... nyesel kenapa aku bisa sebego itu naruh ringkasan di tempat pensil padahal aku bener-bener ga ada niatan nyontek, dan sedih karena semaleman belajar tapi baru 15 menit ujian udah harus keluar. Selesai ujian aku langsung keruang dosen, ngejelasin kejadian tadi ke Bu Sri. Dengan ekspresi tenang andalannya dia berkata “sejak awal saya kan udah bilang, kalau ga boleh nyontek di kuliah saya!. Tapi kamu sudah saya maafin, kita ketemu tahun depan”. Glek... pait banget. Ibunya serius, semester itu kimia analis aku dapet E.

Tapi itu dulu, semester 6 kemaren aku baru bisa ngulang kim-an. Sekarang pelajarannya lebih enak dipahami, mungkin karena aku udah dapet mata kuliah kimia analis farmasi bentuk advance dari kimia analis dan kebetulan penelitianku berhubungan dengan analisa senyawa kimia, aku malah sering diskusi sama ibunya. Hehe.... akhirnya aku bisa dapet A. Aku bisa buktiin kalau kemaren aku bener-bener ga niat nyontek dan aku memang bisa tanpa mencontek. Hidup kimia analis!!!!!!

8 komentar:

  1. semakin banyak dosen di indonesia yang seperti itu, kayaknya tambah cepat majunya negeri ini...
    dosen yang keren lah..

    BalasHapus
  2. y...bu Sri emang keren banget
    galak n tegas tapi masih ngasih kesempatan buat berubah

    makasih ya pak yus
    dah sempet mampir
    semoga sukses
    pinkayu nya

    BalasHapus
  3. aduw duw,, mbok jamu emang hebuaaat...

    cewe ndeso salut nih sama mbok jamu!!!

    sukses terus ya mbok...

    oh ya, cewe ndeso tolong bikinin jamu biar cepet dapet cowok donk!!

    huehehehe

    BalasHapus
  4. huhu, aq ngasi k0ment 2kali neh!
    gapapa, gapapa,
    wah,, temannya si cewek ndes0 yg atu ini emang hebuat.
    perjuangan mb0k jamu emang perlu diacungin jemp0l!
    huehehe,,
    keep spirit ya mb0k..

    BalasHapus
  5. Steffy: jamu biar dapet cowok? hihihi.... aku aja belum dapet
    mungkin jamu galian kabel bisa y jeng ^_^
    makasih banyak ya bu dah mampir
    sampe dua kali gitu,

    Wew:
    makasih mas
    doa'in lancar kuliah
    biar cepet lulus y'

    Pandi merdeka:
    waduh...
    ada master yang mampir
    jadi ga enak ni
    hahaha...

    BalasHapus